PETUNJUK TEKNIS AGRIBUSINESS START UP COMPETITION 2020

Untuk mengetahui sistematika/petunjuk teknis pendaftaran Silahkan Download Manual Book Disini
Untuk melakukan pendaftaran klik Disini

Peserta ASC Tembus 86 Peserta (Terakhir Tembus 140 Peserta)

Banyuwangi- Dinas Pertanian Banyuwangi menggelar kompetisi usaha rintisan agribisnis bertajuk Agribusiness Startup Competition (ASC) untuk mendorong anak muda menekuni bisnis pertanian. Kompetisi terdiri atas dua kategori Rencana Usaha Agribisnis dan kategori Rintisan Agribisnis.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, ajang ini digelar untuk mengajak sebanyak mungkin kalangan, terutama kaum muda, untuk terjun ke bisnis pertanian yang mempunyai nilai tambah.

"jangan semua anak muda ingin jadi pegawai bank atau PNS. ini lho ada sektor pertanian yang bisa hasilkan banyak uang. Misalnya nilai tambah padi, kopi hortikultutura, peternakan dan sebagainya.kata Bupati Anas.

Hal senada dikatakan oleh Kepala Dinas Pertanian Arief Setiawan. Menurut Arief, Dinas Pertanian Banyuwangi selaku penyelenggara ASC sangatlah bangga dengan anam muda Banyuwangi dikarenakan antusias pendaftar yang mengikuti kompetisi ASC sangatlah banyak. Terbukti pada dua kategori yang dilombakan, yaitu Rencana Usaha Agribisnis 68 tim dan Rintisan Agribisnis 18 tim pendaftar. "Alhamdulillah di even perdana ASC ini total 86 peserta.' ujarnya.

Arief menjelaskan, selama menjalankan kompetisi ASC ini semua peserta telah diberikan wawasan pengetahuan dalam workshop. Di dalam workshop itu peserta daiajari membuat proposal atau rencana atau ide-ide agrobisnis yang mudah dan bisa diterapkan.

Nantinya, terang kata dia, ada 20 peserta atau kelompok terpilih yang akan mempresentasikan usaha rintisan atau business plan di hadapan dewan juri.; Sekaligus akan mendapat mentoring program dari pakar keuangan perusahaan, pemasaran kreatif dan praktisi usaha pertanian sukses.

"Presentasi dan pengumuman pemenang pada 30 Juni 2018 dan Grand Final sekaligus pengumuman pemenang pada 14 Juli 2018. Setelah ada pemenangnya juga masih dilakukan pendampingan agrobisnis," pungkasnya. 29/4 (Radar Banyuwangi)

Hingga tanggal 30 April pukul 23.00 sudah ada 140 peserta dengan rincian sbb :

1. Agribusiness Plan : 107 tim 
2. Rintisan Usaha Agribisnis : 33 tim
Total Peserta : 140 tim

Peserta yang telah mendaftar/registrasi diwajibkan menyerahkan hardcopy proposal dan profil ke Dinas Pertanian Kab. Banyuwangi Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 80 paling lambat Rabu,  9 Mei 2018 pukul 17.00. 
Pengumuman lain dapat dilihat di website Dinas Pertanian http://dinaspertanian.banyuwangikab.go.id/