PETUNJUK TEKNIS AGRIBUSINESS START UP COMPETITION 2020

Untuk mengetahui sistematika/petunjuk teknis pendaftaran Silahkan Download Manual Book Disini
Untuk melakukan pendaftaran klik Disini

PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI BUDIDAYA TANAMAN ANGGUR DI KABUPATEN BANYUWANGI

               Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui Dinas pertanian kabupaten banyuwangi pada hari Kamis, tanggal 18 Juli 2019 telah melakukan kegiatan Pelatihan Peningkatan kompetensi budidaya tanaman anggur di Kabupaten Banyuwangi tepatnya di Unit Unit Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) Tani Makmur , Desa Gladag, Kec. Rogojampi.

                Kepala Dinas Pertanian melalui Kasi Bina Usaha Kelembagaan Perkebunan dan Hortikultura Ir. Dyah Laksmisari mengatakan, target budidaya anggur ini adalah memanfaatkan pekarangan rumah untuk bercocok tanam atau berkebun. Baik itu sayur-sayuran, cabai, kunyit, serai, jahe, dan lain-lain yang bermanfaat untuk kebutuhan keluarga.

                 Ir. Dyah Laksmisari melanjutkan, agar program  ini berhasil maka Dinas Pertanian akan memberikan pembekalan, pelatihan, serta pendampingan oleh petugas lapangan baik mantra tani, penyuluh lapangan serta petugas organisme pengganggu tanaman (POPT). ”Ini bisa sebagai sarana pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan ekonomi warga, bahkan mampu membuat perkampungan ini semakin asri, serta mendukung pengembangan wisata desa,” kata Dyah.

                 Camat Rogojampi Nanik Machrufi dan Kepala Desa Gladag Ahmad Khaidir menyambut baik program Desa Anggur ini. Pihaknya akan mendorong warga untuk memanfaatkan halaman di sekitar rumah untuk menanam tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan keluarga. ”Kami akan mendorong warga untuk mengembangkan kegiatan ekonomi produktif keluarga sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga dan menciptakan lingkungan hijau yang bersih dan sehat secara mandiri, salah satunya melalui penanaman anggur di pekarangan rumah,”