Banyuwangi Luncurkan Pelayanan Jasa Usaha Alsintan Terintegrasi (PLAYU ANTER)

 

Tingkatkan produktivitas, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi meluncurkan Pelayanan Jasa Usaha Alat dan Mesin Pertanian (alsintan) Terintegrasi atau disingkat Playu Anter.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, mengatakan Playu Anter merupakan pengembangan dari program E-Bilaperdu (Elektronik Mobil Layanan Pertanian Terpadu) yang telah berjalan sebelumnya.

Para petani bisa berkonsultasi tentang berbagai permasalahan pertanian melalui aplikasi e-Bilaperdu yang bisa diunduh melalui playstore.

“Fasilitas ini sedang dalam tahap pengembangan. Ke depan, selain petani bisa berkonsultasi masalah pertanian, mereka juga bisa mengakses layanan jasa alsintan untuk mendukung kegiatan budidaya, mulai dari hulu hingga hilir,” kata @ipukfdani saat meninjau langsung pelaksanaan program Playu Anter di sela-sela kegiatan Bunga Desa (Bupati Ngantor di Desa) Aliyan, Kecamatan Rogojampi, Rabu (20/4/2022).

Pada tahap awal, layanan Playu Anter bisa diakses secara manual. Petani yang membutuhkan jasa layanan alsintan bisa langsung menghubungi call center masing-masing UPJA yang terdekat dengan lokasinya.

Layanan yang telah disosialisasikan sejak 2020. Saat ini telah dimanfaatkan sejumlah petani di berbagai daerah. Sedikitnya sudah ada 1.148,7 hektare lahan yang memanfaatkan jasa Playu Anter.

Pedoman Alur/SOP dpat dibuka di:
https://dinaspertanian.banyuwangikab.go.id/doc/SOP_Playu_Anter.png