PETUNJUK TEKNIS AGRIBUSINESS START UP COMPETITION 2020

Untuk mengetahui sistematika/petunjuk teknis pendaftaran Silahkan Download Manual Book Disini
Untuk melakukan pendaftaran klik Disini

PERCEPATAN PUPUK SUBSIDI DENGAN e-RDKK

Pada era digital seperti sekarang ini sangat perlu memanfaatkan IT, tidak terkecuali dalam dunia pertanian. Alokasi pupuk subsidi oleh pemerintah di tetapkan berdasarkan usulan RDKK (rencana definitif kebutuhan kelompok) yang disusun oleh kelompok tani didampingi petugas PPL (penyuluh pertanian lapangan) di lokasi masing-masing. Ketepatan penyusunan RDKK sesuai potensi perencanaan tanam di masing-masing wilayah desa dan kecamatan sangat menentukan ketepatan alokasi pupuk subsidi. Ketersediaan pupuk subsidi sangat penting bagi suksesnya pencapaian produksi dan swasembada pangan, juga produksi hortikultura.

Mekanisme pemberian alokasi pupuk bersubsidi dilakukan dengan cara :

  1. Kelompok tani didampingi petugas menyusun RDKK yaitu dokumen yang berisi nama petani penerima pupuk subsidi, alamat petani, luas sawah (sesuai peraturan maksimal luas 2 hektar), kebutuhan pupuk subsidi dalam musim tanam 1,2 dan 3 (satu tahun tiga kali tanam).
  2. Dinas Pertanian Kabupaten merekapitulasi semua usulan kebutuhan pupuk subsidi yang dituangkan dalam RDKK pupuk subsidi dan mengirimkan rekapitulasi tersebut secara berjenjang ke Dinas Pertanian Provinsi serta kepada Kementerian Pertanian RI.
  3. Kementerian Pertanian RI menetapkan alokasi pupuk subsidi sesuai kemampuan anggaran pemerintah sehingga tidak semua usulan yang tertuang dalam RDKK bisa direalisasikan.

Dalam rangka usulan pupuk subsidi untuk penetapan alokasi 2019 maka Dinas Pertanian Kab. Banyuwangi menyelenggarakan rapat koordinasi dalam rangka penyusunan e-RDKK pada tanggal 3 April 2018 dengan menghadirkan : PIHC ( pupuk indonesia holding company) / produsen pupuk subsidi, Bank BNI (yang ditunjuk pemerintah sebagai penyalur kartu tani dan KUR tani di Jawa Timur), perwakilan Asosiasi Distributor Pupuk Subsidi, dan unsur dari Kodim 0825 Banyuwangi (program kemitraan UPSUS/Upaya Khusus peningkatan produksi).

Sebagai tindak lanjut dari rapat tersebut disepakati bahwa petugas pertanian akan mendampingi kelompok tani untuk menginput data, verifikasi, dan mengoptimalkan input e-RDKK sampai bulan juni 2018. Berdasarkan informasi bahwa pemberian alokasi pupuk subsidi mulai tahun 2019 akan menggunakan atau berbasis data e-RDKK. Sehingga optimalisasi input dan verifikasi e-RDKK di tahun  2018 ini akan sangat menentukan ketepatan, kecukupan dan ketersediaan alokasi pupuk subsidi di tahun 2019 sehingga mendukung sukes peningkatan produksi.